Powered by Blogger.

Cara Memperbaiki Memory atau Hardisk yang Minta Format Terus

Mungkin sobat pernah mengalami ketika memory ataupun hardisk eksternal mengalami error dan meminta format terus ketika dicolokin ke kamputer..Hal ini juga pernah ngalaminnnya pada hardisk portabel gw dan memory kamera DSLR punya temen..Nah pengalaman memory yang meminta format terus sering dialamin oleh temen-temen fotografer hal ini biasanya disebabkan memory tidak ditutup dengan sempurna atau kamera mati karena lowbat sehingga mengakibatkan crash pada memory..bisa dibanyangkan data-data seperti file foto maupun video penting yang tersimpan jika harus diformat bisa hilang semua.

Sedangkan untuk hardisk eksternal atau portable bisa banyak faktor yang bisa menyebabkan hardisk minta diformat. Hardisk eksternal prinsipnya sama dengan flashdisk yakni sama-sama berfungsi sebagai external storage, namun memiliki satu hal pembeda yang membuatnya harus lebih safety ketika dikeluarkan dari komputer atau laptop anda. Bukan dari segi ukuran atau volume penyimpanannya saja yang beda, ternyata dari struktur bungkusnya pun berbeda. Hardisk eksternal memiliki casing/bungkus yang dilengkapi oleh rangkaian sistem minimum yang berfungsi juga sebagai gerbang masuk lalulintas data. Gerbang masuk itu yang membuatnya lebih aman namun sekaligus sebagai kelemahannya.

Ada beberapa cara bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini dan menyelamatkan data-data penting kita..pertama kita bisa menggunakan recovery software ini gw rekomendasi untuk memory dan flashdisk, bisa juga untuk hardisk namun karena biasaya ukuran data yang kita simpan dalam hardisk eksternal besar maka butuh space besar juga untuk menyimpan data yang telah di recovery..

software yang gw pake yaitu ICare Data Recovery..langkah-langkanya sbb:

1. Install software ICare Data Recovery >> Link Download
2. Setelah install jalankan program ICare Data Recovery pilih Lost Partion Recovery


3. Pilih Media atau drive yang akan direcovery..hati-hati jangan salah pilih ya sob.kemudian klik "Recover"


 4. Tunggu hingga proses recovery selesai


5. Setelah selesai muncul partion yang direcovery untuk melihat semua  kemudian klik "Show File"


5. "Save File" ke directory berbeda dan space yang lebih besar dari data yang telah direcovery untuk menyimpannya.


Nah..cara diatas hanya untuk mendapatkan kembali data-data kita, baru deh gw format dan memory maupun flashdisk kembali normal..Untuk kasus Hardisk portable yang meminta format yg gw pernah alamin bisa menggunakan CMD dengan perintah CHKDSK dan berhasil cara ini juga bisa untuk flashdisk maupun memory yang meminta format terus.

1. Cek berada dipartisi apakah hardisk sobat, E / F / G ataukah I, mungkin itu tergantung partisi di komputer atau laptop sobat.

2. Klik Start, jika  menggunakan windows 7 maka sobat bisa ketik cmd lalu enter. Untuk windows versi lainnya silahkan anda masuk ke CMD. Apabila menggunakan windows 8 klik Search pada pojok kanan, kemudian ketik "cmd"

3. Lalu anda ketik CHKDSK spasi /r /f F: (F adalah lokasi partisi hardisk sobat.)



4. Lalu enter, tunggu hingga proses selesai lamanya tergantung besar data maupun spek laptop atau komputer sobatnya karena laptop gw jadul butuh lama sekitar 3-4 jam. Hasilnya bisa dilihat berhasilkah hardisk eksternal sobat diperbaiki.

Demikian semoga bermanfaat dan ini sudah dicoba dan berhasil..https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6oWVK44QhKXFgdSlrlrXrAzBg0dTZslrwnEW-0nYbR3H0AUMBr1xveGwYGFeRmDbJJOflvSi08zGsXJaIft65nwj28mfxvjfJIvZQBxhYOnkkD0Nqd5w9rAkgMCTMNPneornCVnv9jTHW/h120/14+I-Luv-Indonesia.gif

Share is beautifulàCara Memperbaiki Memory atau Hardisk yang Minta Format Terus                                                          Jumat, 15 Agustus 2014
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Memperbaiki Memory atau Hardisk yang Minta Format Terus di blog bulung software jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :