Powered by Blogger.

Aplikasi - aplikasi Yang Wajib Ada Di Laptop/PC

Setiap orang menginginkan aplikasi yang lengkap untuk perangkat laptop maupun PC tapi kita harus melihat spesifikasi perangkat kita jika mumpuni tidak ada masalah untuk menginstall banyak program, apalagi program yang membutuhkan system requirement yang cukup tinggi yang nantinya banyak menggunakan kapasitas RAM mengakibatkan lemotnya perangkat kita.

Gw pengen berbagi aplikasi standar yang wajib-wajib aja untuk diinstall yang harus ada di Laptop/PC sebagai perbandingan aja ini adalah aplikasi yang ada di Laptop gw Acer Aspire 4743Z seperti gambar diatas. dengan spesifikasi Processor: Intel Pentium P6200 (3 MB L3 cache, 2.13 GHz) , Memory: 1 GB DDR3, Hard Drive: 500 GB HDD, Optical: DVD SuperMulti, Double Layer Drive, Display: 14 HD Acer CineCrystal LED-backlit TFT LCD, Video Card: Intel HD Graphics, WiFi: Integrated Wireless WiFi Link 802.11b/g/Draft-N, Webcam: Acer Crystal Eye 1.3MP webcam, Card Reader: 2-in-1 Media Reader, Audio: Built-in Speaker, I/O Ports: HDMI port with HDCP support.

Kebiasaan gw dulu suka banget install program bahkan maksain install program editing video yang rata-rata butuh spek tinggi akibatnya laptop jadi lemot banget ge enak dipake jadinya harus ngilangin beberapa program dan khusus editing gw lebih enak gunain PC.

Nah..apa aja aplikasi yang harus diinstall yang wajib ada ini beberapa rekomendasi gw :
1. Antivirus : recommended Kaspersky atau BitDefender Total Security udah cukup mumpuni atau ingin lebih bisa digandeng dengan Smadav.

2. Microsoft Office: masih pake MS Office 2007, bisa MS Office 2013.

3. Adobe Reader atau Adobe Acrobat Reader tergantung kebutuhan dan spek perangkat. untuk membuka file PDF.

4. Winrar: Membuka file rar/zip.

5. Browser : recommended Mozilla Firefox dan Google Chrome.

6. Internet Download Manager (IDM): bagi yang suka download wajib install software satu ini.

7. Software Maintenance: recommended AVG PC TuneUp 2015 atau CCleaner pilih salah satu. fungsinya untuk maintenance otomatis membersihan registry,chache browser, file junk yang tidak berguna sehingga dapat meningkatkan kinerja perangkat.

8. Aplikasi untuk Uninstall gunakan Revo Uninstaller atau sejenisnya kenapa wajib pake software ini tool bawaan windows tidak cukup efektif menghapus total aplikasi sehingga masih meninggalkan registry yang tidak terhapus ini akan mengakibatkan penurunan kinerja perangkat kita.

9. Multimedia: untuk memutar musik Winamp atau AIMP, video selain WMP aplikasi VLC wajib gw install.

10. Aplikasi Internet dan Chatt: Skype dan YM!

11. Software Burning: Nero Burning Room atau Ashampoo Burning Studio

12. Folder Lock : Melindungi folder maupun file penting kita agar tidak bisa diakses oleh orang lain.

Itu aplikasi yang wajib ada disetiap laptop/PC gw..mungkin sobat ada yang ingin silahkan menambahkan sendiri ya..hehe. Selain itu juga ada settingan awal yang selalu gw setting terlebih dahulu untuk lebih meningkatkan keamanan dan kecepatan kinerja laptop/PC:

1. Mematikan service windows yang tidak diperlukan Windows Update dan Windows Firewall sengaja gw turn off untuk proteksi hanya mengandalkan Antivirus itu sudah cukup asal selalu update..untuk mematikan services windows yang tidak kita perlukan sbb:

  • Klik Start ---> ketik "msconfig" ---> Services, hilangkan ceklist program yang menurut sobat tidak perlu. Klik "Aplly---> Ok.

  • Klik Start ---> ketik "msconfig" (tanpa tanda petik) ---> Startup, hilangkan ceklist program yang menurut sobat tidak perlu.Klik "Aplly---> Ok. ini untuk mempercepat loading start up windows ketika logon.



2. Mematikan fungsi Autorun / Autoplay..kenapa ini penting menurut gw karena melalui fungsi ini lah kebanyakan virus maupun malware dengan mudah masuk ke perangkat kita bisa melalui flashdisk maupun perangkat portable lain yang terinsfeksi virus. cara mematikan Autoplay sbb:

  • Klik Start ---> ketik "run" ---> ketik "gpedit.msc" (tanpa tanda petik)  ---> Computer Configuration  ---> Administrative Template --->  Windows Components, jendela sebelah kanan double click AutoPlay Policies ---> double click Turn off Autoplay ---> pilih Enable ---> Turn off Autoplay on: All drives ---> Ok.
  • User Configuration  ---> Administrative Template ---> Windows Components, jendela sebelah kanan  double click AutoPlay Policies ---> double click Turn off Autoplay ---> pilih Enable ---> Turn off Autoplay on: All drives ---> Ok.



Mungkin itu saja yang bisa gw share semoga bisa bermanfaat buat sobat semua..jika ada yang ingin ditambahkan bisa sobat tambahkan dikomentar.

Share is beautifulàAplikasi - aplikasi Yang Wajib Ada Di Laptop/PC                                                                         Kamis, 23 April 2015
Terima kasih telah membaca artikel tentang Aplikasi - aplikasi Yang Wajib Ada Di Laptop/PC di blog bulung software jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :